PAULUS SATU MENIT

JADWAL IBADAH HARI MINGGU
25 AGUSTUS 2019

Tahun Liturgi: Hari Minggu XI Sesudah Pentakosta
Tema Ibadah: Integritas Iman Umat Tuhan
Pembacaan Alkitab: Daniel 1 : 1-17
Ibadah 06.00: Pdt. Nathanael Tarigan (Pendeta Gereja Kristen Injili Tanah Papua)
Ibadah 08.00: Pdt. Vandalia Tampubolon (Pendeta Pelayanan Umum GPIB)
Ibadah 10.00: Pdt. Jeffrey Sompotan (KMJ GPIB Paulus Jakarta)
Ibadah 17.00: Vik. David O. Sihite (Vikaris GPIB Paulus Jakarta)
Ibadah 19.00 (Ibadah Nuansa Muda): Pdt. Dewi Shinta Astadiyan-B (Pendeta Pelayanan Umum GPIB)
Ibadah 18.00 – SP I: Pdt. Ari Siagian (Pendeta Pelayanan Kerohanian RS. PGI Cikini)
3
2
4
7
/ Tentang

Salah satu Gereja tua, dahulu disebut ‘Nassaukerk’, atau sekarang disebut Gereja (GPIB = Gereja Protestan Indonesia Barat) Paulus, Menteng, didesain oleh ‘FJL Ghijsels’ dari AIA Bureau bekerja sama dengan ‘Firma Sitze en Louzada’, pada jamannya. Sebenarnya, Gereja ini belumlah terlalu tua, menurut referensi yang ada, Gereja Paulus dibangun sekitar tahun 1936, beberapa tahun sebelum Indonesia merdeka, walaupun masih dalan pemerintah colonial Hindia Belanda. (A.Heuken SJ).

Sejarah singkat.

Konsep dan ciri khas Gereja Paulus ini adalah menaranya yang langsung dengan atap piramida runcing, serta 44 jam ( arloji ) dibawahnya, dan sampai sekarang, arloji ini masuk berfungsi. Bidangnya, bujursangkar, dimana merupakan konsep 4 penjuru mata angin besar. Sebenarnya, bagian fungsional seperti jendala, ‘bouvenlicht’ ( lubang angin ) serta teritisan dari plat beton, merupakan komposisi tampak bangunan yang konsisten dan prol estetika yang dekoratif pada kolom dan pilaster sangat kuat yang menunjukkan pengaruh arsitektur ‘Art Deco’ yang elegan.

Denah Gereja Paulus ini, sangat kuat sebagai simpol ke-Kristen-an, yaitu berbentu Salib, yang keempat sisinya adalah sama panjang. Masing2 sayap bangunan ini beratapkan ‘pelana’ dengan kemiringan yang tajam, seperti rumah2 jaman Belanda di Menteng. Selengkapnya